Agenda Pembangunan Daerah

Posted: Jan 23, 2014 Kategori: Pembangunan

Dalam rangka mewujudkan visi BANK SEJAHTERA dan menjalankan misi pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2008-2013 ditempuh 4 strategi pembangunan daerah yaitu:
Pembangunan yang bertumpu pada manusia. Pembangunan yang berfokus pada masyarakat desa berdasarkan potensi yang dimilikinya, melalui prinsip-prinsip pembangunan manusia yaitu:
Produktivitas: masyarakat harus dapat meningkatkan produktivitas mereka dan berpartisipasi secara penuh dalam proses memperoleh pendapatan dan pekerjaan berupah. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi adalah salah satu bagian penting dari pembangunan manusia.
Ekuitas: masyarakat harusmemiliki akses untuk memperoleh kesemapatan yang adil. Semua hambatan terhadap peluang akonomi dan politik harus dihapus agar masyarakat dapat berpartisipasi dan memperoleh manfaat dari kesempatan-kesempatan ini.
Kesinambungan: akses untuk memperoleh kesempatan harus dipastikan tidak hanya untuk generasi sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Untuk itu maka segala bentuk permodalan fisik dan lingkungan hidup harus terpenuhi.
Pemberdayaan: pembangunan hraus dapat dilakukan oleh masyarakat sehingga masyarakat harus berpartisipasi penuh dalam mengambil keputusan dan proses-proses yang mempengaruhi kehidupan mereka.
Pembangunan yang bertumpu pada pusat-pusat pertumbuhan. Pembangunan diarahkan pada terciptanya pusat-pusat pertumbuhan berdasarkan potensi wilayah dengan target-target pertumbuhan ekonomi yang terukur, termasuk mengembangkan simpul-simpul ekonomi atau tata niaga untuk menghimpun dan mendistribusikan komoditas atau produk dalam skala ekonomi tertentu.
Pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Pembangunan harus dilakukan dengan memperhatikan ketersediaan potensi sumber daya alam dalam rangka optimalisasi pemanfaatan secara berkelanjutan, yaitu pemanfaatan sumber daya alam yang menjamin tetap terpeliharanya fungsi-fungsi ekosistem dari suatu wilayah, terutama untuk memberikan jaminan akan keberlangsungan proses produksi dan pendapatan masyarakat.
Pengarus-utamaan gender. Peningkatan kemitra-sejajaran dan peran-serta perempuan di segala bidang pembangunan dengan tetap memperhatikan harkat dan martabat kaum perempuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai sosial budaya yang ada dalam masyarakat.

Lihat PDF
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.