Perindustrian

Posted: Jan 23, 2014 Kategori: Pembangunan

Sektor industri manufaktur (industri pengolahan) sebagai salah satu sektor andalan pembangunan nasional terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Selain memiliki kontribusi terhadap PDB, industri manufaktur memiliki peran penting dalam penciptaan lapangan kerja baru. Di Provinsi Sulawesi Tenggara, sampel industri manufaktur besar dan sedang (IBS) tahun 2012 tersebar di beberapa kabupaten/kota antara lain Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Selatan, Kota Kendari dan Kota BauBau.

Sulawesi Tenggara selama ini masih mengandalkan sektor pertanian, perdagangan, hotel dan restoran serta sektor jasa sebagai pendorong ekonominya. Namun dengan ketersediaan sumber daya alam yang cukup, dimungkinkan sektor industri manufaktur besar dan sedang dapat dijadikan sebagai pendorong dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lihat PDF
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.