Merah Putih Berkibar di Pulau Bokori

Posted: Agust 23, 2016 Kategori: Berita Daerah

Gubernur Sultra saat diwawancara Awak Media usai Upacara HUT Kemerdekaan
 
Pemprov Sultra memusatkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-71 di Pulau Bokori sukses. Upacara pengibaran bendera disaksikan ribuan masyarakat Sultra. Pulau Bokori destinasi andalan Sultra padat merayap oleh ribuan peserta upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 Rabu 17 Agustus 2016.

Pulau dengan hamparan pasir putih seluas kurang lebih 8 Ha penuh nuansa Merah Putih. Umbul-umbul dan balon diatas udara dan laut bertema merah putih mewarnai seluruh pulau. Para aparatur Pemprov Sultra memakai Seragam Putih Hitam dengan syal Merah Putih berbaris mengelilingi Pulau, demikian pula dengan perahu hias dengan aksesoris merah putih berjejer di dermaga pantai Pulau Bokori. Upacara Pengibaran Bendera Pusaka berlangsung penuh khidmat dengan Inspektur Upacara Gubernur Sultra Nur Alam.

Ketua DPRD Provinsi Sultra H. Abdul Rahman Saleh bertugas membaca Teks Proklamasi. Gubernur Sultra Nur Alam yg ditemui awak media usai upacara menyatakan upacara HUT Kemerdekaan tahun ini digelar di Bokori sebagai bagian promosi gencar destinasi wisata Provinsi Sultra. Kepada seluruh masyarakat Sultra Nur Alam mengharapkan agar semangat juang para pendahulu hendaknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari.

Menurutnya saat ini bukan lagi melawan penjajah dengan berperang tetapi bagaimana masyarakat berperang melawan kemiskinan dengan kerja nyata membangun bangsa, melawan kebodohan dengan meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia serta mencintai produksi dalam negri dengan memberdayakan Usaha Kecil menengah, kerajinan Daerah serta melestarikan budaya dan kearifan lokal juga menimbun kembangkan pariwisata daerah. Kepada generasi muda Nur Alam berpesan agar senantiasa menumbuhkan sikap patriotisme, berkualitas dan menjadi generasi penerus pendukung kemajuan bangsa serta berpartisipasi dalam pembangunan bangsa menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera.

"Hari ini ribuan masyarakat memadati pulau Bokori untuk upacara peringatan HUT RI, selain peserta upacara, masyarakat umum juga datang menyaksikan prosesi upacara. Di Singapura & Uni Emirat Arab serta beberapa negara lainnya menimbun laut untuk membuat pulau, sedangkan Sultra memiliki Pulau Bokori ini sangat indah dan tidak kalah dengan Kepulauan Maldives," ujar Gubernur Sultra dua periode ini.

Saat ini di Pulau Bokori terbangun 10 villa dan 10 Gazebo untuk peristirahatan wisatawan serta satu aula rapat kapasitas 100 orang, fasilitas ini diperuntukan bagi wisatawan Pulau Bokori. Sebuah restoran di tepi pantai juga tengah di bangun serta beberapa fasilitas penunjang lainnya.

"Pulau ini sangat indah, kami berharap dapat membangun lapangan Golf disini, dan kedepannya pulau ini menjadi destinasi wisata nasional yang akan dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik," harap Nur Alam
Upacara pengibaran dan penurunan bendera dihadiri segenap pejabat lingkup Provinsi Sultra, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sultra, instansi vertikal dan seluruh aparatur sipil daerah Provinsi Sultra serta masyarakat yang datang menyaksikan prosesi upacara Peringatan HUT Kemerdekaan

Sebelumnya di Pulau Bokori tanggal 15 Agustus telah di gelar malam resepsi Kenegaraan dengan kostum pejuang oleh para tamu undangan yang disertai gala dinner di atas pasir putih serta hiburan artis Ibu Kota. Bokori juga telah menjadi favorit berbagai event nasional digelar antara lain Frstival Volly pantai nasional, ferstifal keraton nusantara tahun lalu juga digelar di Pulau Bokori.

Pada peringatan ini turut hadir Wakil Gubernur Sultra H.M Saleh Lasata dan Ny Saleh Lasata, Istri Gubernur Sultra yang juga anggota Komisi II DPR RI Dra Hj. Tina Nur Alam, MM, Sekda Prov Sultra Dr. Lukman Abunawas, Kapolda Sultra Brigjen Agung Sabar Santoso, Dandrem 143 Haluoleo Kolonel Inf Immanuel Ginting, Danlanal Kendari Kolonel Aris Harijadi, Danlanud Haluoleo Letkol Pnb Rizaldy Efranza, Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra Joko Susilo, Kepala SKPD lingkup Prov Sultra, Pimpinan dan Anggota DPRD Sultra.(Fany)


Disiarkan oleh Pengelola Media Ceter Biro Humas Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Wa Ode Sitti Heriyani, S.Sos, M.Si
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.